Home » » Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi

Tips Memilih Susu Formula Untuk Bayi

Bayi yang baru lahir sangat baik apabila diberi asupan ASI, karena ASI sangat kaya akan nutrisi yang dapat membantu memaksimalkan tumbuh kembang si bayi. Dokter sangat menganjurkan ASI eksklusif untuk bayi, namun apabila terjadi kondisi dimana tidak dapat memperoleh ASI sang bunda karena beberapa penyebab seperti ASI yang tidak lancar, maka susu formula adalah pilihan terbaik. Akan tetapi, tidak semua susu formula cocok untuk dikonsumsi bayi. Apakah ada cara  memilih susu formula untuk bayi yang baik dan benar?

Kenali terlebih dahulu jenis susu formula

Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, susu formula dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  • Formula susu sapi
Susu formula jenis ini berasal dari susu sapi. Pengganti ASI ini memiliki gizi yang seimbang dan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Namun alangkah disayangkan beberapa bayi menunjukkan respon alergi terhadap susu ini, jadi sang ibu harus mencari alternatif lain.
  • Formula susu kedelai
Susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah dari susu sapi. Susu pengganti ASI ini terbuat dari kacang kedelai. Nah, karena susu ini berasal dari protein yang di dapat dari sumber nabati, jenis susu ini baik sekali untuk bayi yang alegri terhadap susu sapi.
  • Formula hidrolisa protein
Susu jenis ini bentuknya lebih kecil dibandingkan formula susu sapi dan formula susu kedelai karena mengandung protein yang telah di pecah/hidrolisa. Susu ini baik untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi atau susu kedelai.

Nah, setelah Anda mengetahui jenis jenis susu formula untuk bayi, sekarang kita akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi.
  • Pilihlah susu formula yang sudah dilengkapi dengan kandungan zat besi di dalamnya.
  • Jangan melihat merek ataupun harganya, tetapi perhatikan kandungan gizinya. Bacalah label pada kemasan susu saat Anda membelinya.
  • Sesuaikan usia bayi dengan susu yang akan Anda beli.
  • Apabila bayi Anda mengalami diare, muntah atau susah BAB, konsultasikan pada dokter agar dokter membantu Anda memilih susu yang cocok.
  • Perhatikan tanggal kadaluwarsanya.
  • Jangan membeli susu formula yang kemasannya sudah rusak.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

 
Alamat : Jl.Raya Labuan KM. 24 Pasireurih, Cisata, Pandeglang - Banten 42273
Email : id.mooel@gmail.com - Phone : 087881447318
Sosial Media : Facebook, Twitter, Instagram
Copyright © 2011. Kang Mooel - All Rights Reserved