Home » » Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen I

Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen I

Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen I
Anda adalah seorang konsultan manajemen yang bekerja untuk Almira, seorang pemegang saham terbesar dari kelompok perusahaan distributor mobil. Perusahaan ini memiliki sepuluh dealer penjualan. Dia meminta Anda untuk bekerja selama beberapa hari di Yunita Ford salah satu dealer yang tidak beroperasi secara optimal. Anda tidak diminta untuk mencari kesalahan yang terjadi tetapi diberi tugas untuk mencari jalan yang dapat membantu manajemen dealer mengambil keuntungan dari setiap peluang yang ada.

Suatu hari Anda berbincang bincang dengan Agus, manajer penjualan dari Yunita Ford, Anda menyadari bahwa dealer ini hanya menggunakan system pengolahan transaksi, dan tidak memanfaatkan sepenuhnya informasi-informasi yang telah terkumpul dalam mengambil keputusan-keputusan manajerial. Sebagai contoh Yunita Ford memiliki catatan tanggal penjualan dan pemilik setiap mobil yang mereka jual, tetapi mereka tidak mengontak pembeli tersebut dan menanyakan mengenai pemeliharaan mobil yang telah dibelinya. Yunita Ford mengetahui bahwa pemilik mobil akan menjual mobilnya tiga atau empat tahun berikutnya dan menggantinya dengan mobil baru. Sayangnya dealer tidak pernah mengontak pemilik mobil tersebut.

Kesempatan lain datang dari pembelian dan penjualan mobil bekas, setiap mobil memiliki nomor identitas kendaraan dan dealer akan menggunakannya untuk mengecek ada atau tidaknya masalah sebelum melakukan pembelian mobil bekas. Bank data asuransi mobil memiliki catatan mengenai kerusakan dan perbaikan pada setiap mobil yang diasuransikan. Catatan atau data ini disimpan dan dan bentuk CS dan di kirimkan kepada dealer setiap bulan. Di dealer nomor identitas kendaraan ini dimasukan dalam komputer. Namun setiap bulan dealer membeli 20 sampai 100 buah mobil bekas dari berbagai lokasi. Kadang-kadang pembelian mobil bekas di lakukan dalam lelang yang tidak memiliki akses komputer. Lelang mobil ini diadakan oleh pihak-pihak resmi pemerintah ataupun pribadi. Baru-baru ini penjualan dilakukan tanpa informasi yang memadai mengenai kendaraan yang di jual karena pembeli tidak mendapatkan akses terhadap komputer dari CD yang berisi data identifikasi kendaraan. Akibatnya pembeli tidak dapat mengecek kondisi kendaraan yang dibelinya. Kondisi ini menunjukan bahwa dealer selalu mengumpulkan data tapi tidak pernah mengolahnya menjadi informasi yang berguna. Selain itu tidak adanya akses pembeli terhadap data indentifikasi kendaraan yang dimiliki dealer dapat merugikan dealer hingga mencapai ribuan dolar setiap bulan. Anda berniat memberikan laporan kepada Almira dan Agus dengan menekankan bahwa kedua hal ini adalah kesempatan baik bagi dealer untuk mendapatkan keuntungan.

Soal :

  1. Terangkan secara ringkas tidak lebih (2 paragraf) perbedaan antara data dan informasi dari data-data yang dikumpulkan oleh Yunita Ford saat dealer ini menjual mobil-mobilnya dan mengapa data-data ini perlu diolah menjadi informasi ?
  2. Bagaimana caranya pembeli dapat memiliki akses terhadap nomor identitas kendaraan bila pembeli tersebut tidak berada di lokasi Yunita Ford ?
  3. Bagaimana Anda mengembangkan saran-saran Anda ke seluruh dealer yang ada di perusahaan ?

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

 
Alamat : Jl.Raya Labuan KM. 24 Pasireurih, Cisata, Pandeglang - Banten 42273
Email : id.mooel@gmail.com - Phone : 087881447318
Sosial Media : Facebook, Twitter, Instagram
Copyright © 2011. Kang Mooel - All Rights Reserved